Home   News   Membuat Tanaman Hidroponik di Sekolah

Membuat Tanaman Hidroponik di Sekolah

Pada hari Kamis, 28-4-2011, siswa-siswa kelas 4 SDK4 BPK Penabur, didatangi oleh kakak-kakak dari Kinasih, Caringin Bogor. Mereka datang untuk memberi penjelasan kepada kami tentang hidroponik. Hidroponik adalah budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Keuntungan dari hidroponik adalah tanaman tumbuh cepat, mengahasilkan rasa yang luar biasa, dapat tumbuh sepanjang tahun. Kerugian dari hidroponik adalah mudah ditumbuhi lumut, dan terlalu banyak menggunakan wadah. Setelah itu tim dari Kinasih mengajak kami melakukan beberapa permainan yang harus menggunakan logika, sehingga mengasah kemampuan berpikir kami.

Kami juga diberikan kesempatan untuk mempraktekan hidroponik. Setelah kami beristirahat kakak-kakak dari Kinasih mangajari kami membuat Oshibana yaitu dengan cara menempelkan daun daun bunga kering pada sebuah ketas, lalu kertas dilaminating . Kita bisa menggunakannya sebagai pembatas buku. Hasilnya terlihat indah.Sebelum tim Kinasih pulang setiap anak-anak dibagikan sebuah kantong plastik yang isinya bahan-bahan untuk membuat Oshibana agar dapat dikerjakan dirumah masing-masing.

Kami semua senang dengan kedatangan kakak-kakak dari Kinasih karena mengajarkan kami berbagai hal yang sebelumnya belum kami ketahui. Semoga hal ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu bagi kami murid-murid kelas 4. Terima kasih kakak-kakak dari Kinasih.

oleh : Felicia Clara kelas 4 D

100_3449 100_3448 100_3408

 

 

Share