Home   News   Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia

Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia

Museum Indonesia itu sangat besar dan indah. Aku sangat bangga menjadi anak Indonesia, apalagi setelah berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, pada hari Kamis, 14 April 2011. Disana aku melihat berbagai budaya Indonesia, dengan mengunjungi museum tulisan Kaligrafi Arab, tulisan Jawa dan lain-lain. Aku juga melihat daun Lontara, yaitu huruf dari daerah Sulawesi Selatan. Dinamakan demikian karena huruf ini pertama kali ditulis pada daun Lontara yaitu sejenis pohon palem yang banyak tumbuh di Sulawesi Selatan.

Lalu aku melihat berbagai pengetahuan aksara kuno yaitu beberapa abjad di Indonesia dari jaman dahulu sampai sekarang sekarang. Diantaranya adalah naskah beraksara Bali ditulis pada daun lontar, aksara kuno, Pustaha, Cobo, dan surat Dewa Ruci. Aku tak lupa untuk mencatat semua itu. Aku juga berkeliling ke daerah lain. Aku melihat dapur Batak, hiasan perak bermata yakut, senjata, dan mata uang zaman dulu.

Setelah beberapa waktu lamanya, akhirnya kami semua keluar dari museum itu dan menuju ke Musium Minyak Bumi. Di musium itu, kami melihat adanya minyak bumi dan mencatat semua tentang minyak bumi. Inilah catatan yang kutulis. Minyak bumi terbentuk dari tumbuh-tumbuhan dan binatang yang mati ratusan juta tahun yang lalu, dan kemudian bercampur dengan zat-zat organik serta organisme di dasar laut. Karena adanya tekanan dan suhu yang tinggi lalu terbentuklah tetes-tetes minyak bumi. Minyak bumi unsurnya adalah Hidro karbon. Unsur lainnya adalah Nitrogen, oksigen, belerang atau sulfur dan logam.

Minyak bumi yang diolah melalui penyulingan bertingkat akan menghasilkan produk BBM atau Bahan Bakar Minyak. Contohnya antara lain: Avtur, Avgaz, Kerosin atau minyak tanah, Premium, Pertamax, Premix, Solar, ADO, IDO. Minyak bumi yang diolah melalui proses industri petrokimia akan menghasilkan produk non BBM, diantaranya: plastik, benang nilon, PVC, karpet, kosmetik, lilin, obat-obatan, pupuk urea, alat-alat kedokteran, dan alat-alat rumah tangga.

Setelah selesai mencatat, aku lalu berkeliling melihat-lihat isi museum itu. Sebelum kami menuju ke museum Transportasi, kami makan siang terlebih dahulu. Selesai makan siang, barulah kami menuju museum Transportasi. Cukup lama kami semua berada di museum itu. Aku melihat mobil-mobil pajangan. Lalu kami berfoto di sebuah mobil. Aku dan teman-temanku sudah tak perlu mencatat lagi. Kami hanya membawa botol minuman. Setelah selesai melihat pesawat dan helikopter, kamipun segera menuju ke Keong Mas. Kami mencari pasangan untuk menonton di keong mas.

Sesampainya di Keong Mas, suasananya hiruk-pikuk dan ramai sekali. Namun semua terlihat senang. Tak sampai menunggu 30 menit, kami semua masuk ke dalam. Kami mencari tempat duduk lalu menonton film dengan tenang. Film itu sangat bagus. Tentang binatang-binatang. Tapi aku sangat lelah sehingga tanpa kusadari, akupun tertidur. Sampai aku dibangunkan oleh Bintang.

Kemudian kami semua ke bis kembali untuk pulang. Aku sangat gembira. Aku baru sadar bahwa Indonesia memiliki pemandangan yang sungguh indah. Aku sungguh bangga menjadi anak Indonesia. Semuanya juga merasa gembira. Hari ini, aku mendapat cukup banyak ilmu dari musium. Kamipun pulang dengan selamat.

Oleh: Priscilla P.A. Darmawan (Kelas III D)

 

 

Share