Home   News   Berubahlah !!

Berubahlah !!

Mengawali tahun 2011, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan adanya perubahan-perubahan yang akan terjadi sepanjang tahun ini. Apapun pekerjaan dan posisi kita saat ini ada baiknya, anda menyimak tips berikut. Cobalah, terapkan konsep OCEAN yang diperkenalkan pakar manajemen Rhenald Kasali dalam bukunya, Change !

Opennes to experience ( keterbukaan terhadap hal-hal baru ). Orang yang punya cara berpikir terbuka cenderung imajinatif dan kreatif. Mereka bersifat fleksibel, menyukai keragaman, serta mengutamakan hal-hal yang bersifat orisinil.
– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –  –

Conscientiousness ( keterbukaan hati dan telinga ). Mereka yang punya keterbukaan hati yang tinggi cenderung bergerak secara terpola, mengharagi waktu, dapat diandalkan, disiplin, termotivasi, serta gigih mencapai tujuan.
– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Extroversion ( membuka diri kepada orang lain ). Orang yang ekstrovert cenderung senang berkawan dan bekerja dalam kelompok, lugas, berenergi, percaya pada orang lain, percaya diri dan penuh keberanian.
– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Agreeableness ( keterbukaan terhadap kesepakatan ). Dalam setiap proses perubahan, aka nada sejumlah kesepakatan yang perlu dilakukan. Poin penting dalam mencapai kesepakatan adalah sifat kooperatif, kesediaan untuk melakukan pengorbanan bagi kepentingan yang lebih utama, serta kemampuan untuk mempercayai orang lain.
– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Neoroticism ( keterbukaan terhadap tekanan ). Orang yang sudah terlatih mengahadapi tekanan biasanya tidak terlalu sensitive dan memiliki control emosi yang baik.

Rasanya pasti menyenangkan bila kita dapat berbuat lebih optimal dalam segala hal. Yuk,,berubah menjadi lebih baik dan jadi yang terbaik!!

*Merinda, SDK 4 PENABUR Jakarta

 

Share